Kecerdasan atau yang biasa dikenal dengan IQ (bahasa Inggris: intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Klasifikasi IQ:

Klasifikasi IQ berbeda untuk setiap metode test yang digunakan. Stanford-Binet mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar diantara 85 – 115. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109. Lebih jauh lagi, Wechsler mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115). Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan.
Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).
  • 70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental.
  • 80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
  • 91 – 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata
  • 111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
  • 120 – 130 : Tingkat IQ superior
  • 131 atau lebih : Tingkat IQ sangat superior atau jenius.

Bila Anda penasaran dengan seberapa tinggi IQ Anda, silakan download software test IQ berikut.
undefinedSoftware yang satu ini digunakan untuk menghitung seberapa besar IQ yang Anda miliki. Bentuk tesnya hampir mirip dengan tes IQ pada umumnya. Pada akhir tes, software ini akan menampilkan hasil tes IQ Anda dalam berbagai standar deviasi disertai dengan parameter yang menunjukkan apakah Anda memiliki IQ rata-rata, tinggi (high), atau jenius.

Software ini dikemas dalam macromedia flash berformat *.exe (executable format), sehingga mudah dalam penggunaannya yakni dengan hanya kllik dua kali atau membukanya secara langsung tanpa meng-instal terlebih dahulu atau sering dikenal dengan software portable seperti halnya dengan aplikasi yang dibuat dengan macromedia lainnya.

Silakan download software ini gratis disini.
atau
Software tes IQ yang lain, download disini.

sumber: