Sekitar 40.000 polisi ditempatkan di Istanbul tanggal 1 Mei.

 

Kantor berita Anatolia mengatakan sejumlah demonstran terluka dan paling tidak lima orang ditahan. Pengamanan ketat diterapkan. Jalan-jalan di dekat Lapangan Taksim ditutup sejak dini hari.

 

 

Media Turki mengatakan sekitar 40.000 polisi ditempatkan di Istanbul tanggal 1 Mei.

 

 

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan sebelumnya memperingatkan penduduk untuk "tidak berharap" dapat berkumpul di Lapangan Taksim, lokasi pusat unjuk rasa antipemerintah.

 

 

Selain di Turki, Hari Buruh juga diperingati di tempat-tempat lain di dunia.Di Jakarta, peringatan dimulai di Bundaran Hotel Indonesia sebelum berpawai ke Istana Negara.

 

 

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia, Said Iqbal menjelaskan tuntutannya,"Di antaranya menaikkan Klikupah minimum 2015 sebesar 30% dan kebutuhan hidup layak menjadi 84 item dengan tetap menjaga peningkatan daya beli buruh," kata Said.

 

 

Di Kamboja, sejumlah orang dilaporkan dipukuli pihak keamanan yang berusaha membubarkan pawai pihak oposisi di ibukota Phnom Penh.

 

 

Lebih 100.000 warga Rusia ikut serta berpawai di Lapangan Merah Moskow, melanjutkan kembali tradisi yang terakhir kali dilakukan saat keruntuhan Uni Soviet di tahun 1991.

 

Sumber: http://www.bbc.com