Sejak Menjadi Mualaf, Wanita Muda Belgia Ini Mengislamkan 1.000 Orang

Verinque Cools, wanita muslimah muda di Belgia yang namanya tidak berbau Islam ini telah berhasil mengajak 1.000 orang penduduk negaranya menerima Islam. Ia masuk Islam pada 8 tahun silam.

Setelah menyatakan diri masuk Islam, Cools menjadikan rumahnya sebagai Pusat Informasi Islam (Islamic Center). Di pusat ini, Cools membuka kesempatan kepada siapapun warga Belgia yang ingin mengenal Islam. Banyak juga muslim yang menjadi anggota lembaga ini untuk belajar memperdalam pemahaman agama Islam.

Cools mengungkapkan awal ketertarikannya kepada Islam setelah dipengaruhui temannya yang muslim. Cools masuk Islam di usianya yang masih muda.

Pusat Informasi Islam yang didirikan Cools juga berfungsi memberi penjelasan kepada warga Belgia yang curiga dan salah tafsir dalam melihat Islam. Ia mengatakan bahwa kecurigaan  tersebut timbul karena mereka tidak dikenalkan dengan Islam yang sebenarnya.

 

Veronique Cools

Veronique Cools berdiri di depan Islamic Center yang digagasnya

Setelah delapan tahun berjalan, Pusat Informasi Islam yang didirikan Cools saat ini sudah memiliki lebih dari 1.000 anggota. Kebanyakan dari mereka adalah muslimah Belgia.

Jumlah muslim Belgia diperkirakan mencapai 450 ribu jiwa dari total populasi Belgia sebesar 10 juta orang. Kira-kira setengah dari jumlah muslim itu, berasal dari Maroko, selebihnya banyak dari Turki dan negara lain.

Sementara lebih dari 20 persen dari populasi di kota Brussels, adalam muslih yang datang berasal dari Maroko, Turki, Pakistan, Bangladesh dan beberapa negara Afrika lainnya. Saat ini ada 77 Masjid di Brussels dan lebih dari 300 masjid di seluruh wilayah Belgia.

(mesazhi)