absoluterevo menulis:"Yah inilah thread yang dibuat karena pengamatan TS setiap hari dijalanan, khususnya ibu kota. Spoiler for ilustrasi: Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilanny" Yah inilah thread yang dibuat karena pengamatan TS setiap hari dijalanan, khususnya ibu kota. Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe. pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor. 01 Spoiler for Tipe 01: Nama : Motor Ceper Nama Latin : Wilbes Pendekinesis Penampakan : Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10% Ubahan : - Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek - Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya, - Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya, - Chrome Mesin dan accessoris lainnya. Keunggulan : - Tampak Ceper (sesuai namanya) - Mudah berkendara dalam macet. - Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir. Kelemahan : - Susah dan Tidak aman untuk Boncengan - Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang – cepat - Repot untuk melewati polisi tidur - Repot untuk melewati Jalan bolong - Tidak bisa lewat banjiran - Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua. Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000 Rating TS : 2 / 10 Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja). 02 Spoiler for Tipe 02: Nama : Motor Drag Nama Latin : Bahu Pegeliosis Penampakan : Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5% Ubahan : - Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin - Bore up Mesin, Piston Oversize - Saringan Udara lepas - Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama - Stang Jepit - Velg Jari-jari dengan ban cacing - Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing - Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board) - Komstir distel sangat kaku. - Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye) - Knalpot Racing. Keunggulan : - Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!). Kelemahan : - Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat - Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi. - Beloknya susah dan berat - Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel! - Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme) - Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db) Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000 Rating TS : 4 / 10 Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum. 03 Spoiler for Tipe 03: Nama : Cb / Cb jadi-jadian Nama Latin : Terjebakis Masalaluis Penampakan : Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 % Ubahan : - Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb - Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak. - Cover Aki menggunakan dari cb atau custom. - Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata - Knalpot diganti knalpot cb, - Spakbor depan dan belakang ambil dari cb, - Velg Jari (It's a MUST!!) - Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll. - Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER Keunggulan : - Tampil Retro (ya iyalah) - Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh) Kelemahan : - Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal - Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret) - Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes. - Nyucinya repot (banyak lipetan) Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000 Rating TS : 7 / 10 Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb? 04 Spoiler for Tipe 04: Nama : Street Fighter Nama Latin : Limbahanis Mogeus Penampakan : Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7% Ubahan : - Tangki diganti dengan tangki moge (limbah) - Swing arm Limbah moge - Upside down limbah moge - Jok dibuat seperti sengkedan - Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan - Knalpot diganti knalpot racing - Velg Racing (depan min 3", belakang min 4.25") - Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140) - Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede. Keunggulan : - Baru Motor Laki namanya - Susah selip - Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya ) - Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum? Kelemahan : - Berat! - Part sangat mahal (biasanya) - Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita. Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000 Rating TS : 6 / 10 Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen Hehehe. 05 Spoiler for Tipe 05: Nama : Cafe Racer Nama Latin : Buntutus Buntungis Penampakan : Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5% Ubahan : - Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul - Swing arm musti bulat - Cover shock depan - Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber - Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! ) - Knalpot diganti knalpot racing 3/4 - Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc ) - Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran) - Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit - Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing. Keunggulan : - Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri - Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian - One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom) Kelemahan : - Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT ) - Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro ) - Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda. Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U] Rating TS : 5 / 10 Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa 06 Spoiler for Tipe 06: Nama : Super Moto Nama Latin : Belalangis Tempurulus Penampakan : Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5% Ubahan : - Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu) - Swing Arm Tebal - Cover shock depan (khusus trail) - Jok Rata - Knalpot nungging (custom pipa knalpot) - Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi. - Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17) - Stang Fatbar - Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya Keunggulan : - All Around - Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR - Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe) - Untuk tikungan pun masih tergolong "enak" Kelemahan : - Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot - Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam. Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U] Rating TS : 8 / 10 Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal UPDATE!! 07 Spoiler for Tipe 07: Nama : Scrambler Nama Latin : Melanglang Buanas Penampakan : Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5% Ubahan : - Tangki model CB / DS / Custom - Swing Arm yang Tahan Banting - Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu) - Jok Rata tapi Tebal dan Empuk - Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard - Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail - Velg jari harus besar seperti 17"~18" - tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik Keunggulan : - Pemakan segala bentuk jalanan - Banjir? apaan tuh? - Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream Kelemahan : - Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki) - Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda - Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki) Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000 Rating TS : 9 / 10 Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian | | | | |
0 komentar:
Post a Comment