Belakangan ini, perbincangan di internet diramaikan dengan beredarnya foto closed circuit television (CCTV) atau kamera tersembunyi berbentuk gantungan baju.

Pihak Bea dan Cukai telah menemukan barang tersebut dan mengimbau masyarakat, terutama perempuan, untuk lebih berhati-hati ketika di mal atau toilet.

 

CCTV Berbentuk Gantungan Baju

CCTV bernentuk gantungan baju yang diamankan oleh Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta

Menanggapi hal itu, Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta mengaku telah melakukan pencarian dan pembuktian di tempatnya. Pencarian dilakukan sejak foto tersebut ramai di media sosial dan disebar melalui broadcast message BlackBerry Messenger.

 

CCTV Berbentuk Gantungan Baju

Foto yang diambil dari salah satu situs jual beli online

Fauzi menuturkan, apabila memang ada barang seperti itu yang masuk dari Bandara Soekarno-Hatta, pihak Bea dan Cukai berhak dan pasti melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan yang dimaksud adalah untuk mengetahui penggunaan kamera tersembunyi berbentuk gantungan baju. "Barang yang aneh-aneh kayak begitu bisa kita tahan," ucap dia.

Lebih lanjut Fauzi menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada informasi yang ia peroleh dari sesama pekerja di Bea dan Cukai. Dia pun berharap agar pihak yang pertama menyebarkan foto itu bisa memberikan informasi lebih lengkap lagi.

 

CCTV Berbentuk Gantungan Baju

Para penjual di website jual beli online secara terang-terangan menampilkan gambar korban

 

Penelusuran Memobee.com lebih lanjut menemukan bahwa ternyata barang ini telah diperjualbelikan secara terang-terangan di website jual beli seperti OLX dan Tokopedia dengan harga yang relatif terjangkau.

 

CCTV Berbentuk Gantungan Baju

Dari iklan yang ditampilkan penjual ini, jelas sekali bahwa produk ilegal ini menyasar kaum wanita

 

Bahkan para penjual tersebut melayani jasa pengiriman langsung atau melalui transaksi tatap muka (cash on delivery/COD). Pihak kepolisian diharapkan segera menindaklanjuti temuan ini.

(istimewa)