Air Kencing Ternyata Ampuh Mengobati Jerawat dan Masalah-masalah Kulit Lainnya

Ungkapan bahwa urin pertama di pagi hari punya segudang manfaat sehat, bukanlah omong kosong belaka.

Seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group Rachel Nazarian, M.D., mengatakan bahwa untuk mendapatkan kulit yang halus dan bersinar, wanita Perancis telah mandi menggunakan urin sejak abad ke-18 silam. Dan saat ini, tambahnya, sudah banyak produk perawatan kulit yang dibuat dengan bahan dasar urea, salah satu komponen dalam urin.

Inilah manfaat-manfaat sehat urin yang perlu kita ketahui:

1. Membasmi jerawat

Coen van der Kroon dalam bukunya "The Golden Fountain: The Complete Guide of Urine Therapy", menyarankan agar Anda mencuci muka dengan urin pagi hari secara rutin. Van der Kroon menuliskan, "Urin yang keluar pertama di pagi hari sarat akan nutrisi dan antibodi yang mampu memerangi jerawat. Dan yang perlu Anda catat, urin pagi hari sejatinya lebih bersih ketimbang air biasa".

2. Melembutkan dan melembabkan kulit

Nazarian menuturkan, urea yang terkandung dalam air kencing dapat bertindak sebagai exfoliant bagi kulit Anda. Karenanya, lanjut dia, manfaatkanlah urin pertama di pagi hari semaksimal mungkin guna mendapatkan kulit yang halus sekaligus lembut. Air kencing anda lebih berefek dari pada melakukan facial dan scrubbing.

3. Melenyapkan keratosis pilaris

Keratosis pilaris merupakan kondisi di mana permukaan kulit menjadi sangat kasar. Biasanya, hal itu terjadi pada bagian punggung, lengan, dan paha. Jadi, untuk melenyapkan masalah tersebut tersebut, gunakan saja air kencing pertama Anda di pagi hai.

4. Air kencing ampuh samarkan bekas luka

Urin juga dapat berperan sebagai antiseptik dan agen pelembab. Jadi, dengan sedikit pijatan menggunakan urin, bekas luka di kulit Anda pun bisa tersamarkan, demikian dilansir MarieClaire.

5. Mencegah timbulnya jamur

Urea yang terkandung dalam urin pagi hari juga mampu mencegah timbulnya jamur pada kaki. Perlu Anda ketahui, terapi urin seperti ini telah diterapkan oleh Madonna sejak lama dalam kehidupannya.

(Popular Magazine)