Pakar Cyber Security Malaysia Awas, Posting Foto Pribadi Ke Facebook Kini Bisa Disantet via Online

Bagi yang suka memposting foto pribadi di media sosial sebaiknya mulai sekarang harus waspada dan bahkan menghentikan sama sekali kebiasaan tersebut demi alasan keamanan.

 

Anda boleh percaya atau boleh juga tidak. Namun, setidaknya peringatan ini bisa menjadikan kita agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan media soaial.

 

Seorang agen federal dari CyberSecurity Malaysia, Jazannul Azriq Arifin memperingatkan kepada pengguna media sosial agar tidak mengunggah foto mereka di media sosial bila tidak ingin menjadi korban santet atau ilmu hitam khususnya oleh orang yang tidak dikenal.

 

CyberSecurity Malaysia adalah lembaga di bawah Depatemen Science Technology and Innovation Ministry. Lembaga ini diresmikan diluncurkan pada 2007 oleh mantan perdana menteri Tun Abdullah Ahmad Badawi untuk mengatasi permasalahan dibidang cybersecurity.

 

Jazannul Azriq Arifin menyebutkan, pernah terjadi kasus seorang "bomoh" atau dukun santet menggunakan foto yang dipasang di media sosial Facebook untuk mencelakai korban.

 

"Jadi jangan heran jika dukun semakin pintar. Bahkan, mungkin mereka telah menginstal broadband nirkabel untuk mengirimkan sihir hitam mereka," kata communications officer CyberSecurity Malaysia ini.

 

"Jadi, sebaiknya hindari mengupload gambar diri sendiri untuk menghindari ancaman ilmu hitam," tambahnya.

 

Sayangnya dia tidak merinci kasus apa yang pernah terjadi atau bagaimana cara ilmu hitam dari dukun bisa bekerja secara online.

 

Lebih lanjut, Jazanu juga memperingatkan kepada pengguna media sosial agar tidak memposting rincian pribadi. Di antaranya nomor telepon, alamat rumah serta gambar tidak senonoh.

(The Malay Mail Online)