Windows XP sudah berumur lebih dari 12 tahun, dan sebagaimana sudah diketahui bahwa dukungan (support) untuk Windows XP sendiri sudah berakhir sejak 8 April 2014 yang lalu. Sehingga pengguna Windows XP Original sudah tidak mendapatkan update lagi dari Microsoft, artinya ketika ada celah keamanan, error sistem dan lainnya, Microsoft sudah tidak menyediakan perbaikan lagi. Meskipun begitu, Windows XP masih tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Berakhirnya support ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian kita, asalkan komputer masih bisa dipakai dan untuk keamanan bisa menggunakan Antivirus atau program sejenis lainnya. Bagi pengguna Windows XP, tidak sedikit yang menggunakan antivirus buatan Microsoft, yaitu Microsoft Security Essentials (MSE), termasuk komputer saya di rumah. Tetapi bagi (sebagian) pengguna MSE dan Windows XP  mungkin masalah besar mulai terjadi. 

image

Sejak tanggal 16 April 2014 kemarin, komputer di rumah mulai sering hang (crash). Pada awalnya saya mengira ada program atau virus yang menyerang komputer, sehingga sempat bersih-bersih program beberapa saat. Tetapi setelah yakin komputer bersih, dan sudah berkali-kali restart, masalah "hang" masih saja terjadi. Akhirnya mulai googling, dan ternyata tidak hanya komputer saya yang mengalami masalah tersebut. Bahkan ada yang di kantornya mempunyai 150 pc dengan windows XP, 70 diataranya mengalami masalah yang sama.

Setelah baca di sana sini, ternyata ada kesalahan program (bugs) di Antivirus Microsoft Security Essentials sejak berakhirnya support Windows XP (mulai pastinya ada yang tanggal 15 atau 16 April). Icon Antivirus MSE awalnya akan berwarna merah dan tidak bisa aktif karena windows XP sudah tidak di dukung. MSE akan meminta untuk dijalankan ulang, tetapi ketika dicoba, MSE tetap tidak akan aktif, dan warna merah dengan tanda silang akan tetap muncul. Awalnya hanya muncul pesan atau peringatan, tetapi lama-kelamaan Windows jadi sering hang dan tidak bisa diapa-apakan selain di tekan tombol restart atau dipencet dan tahan power-nya (dimatikan).

Sumber masalah sudah ditemukan dan saatnya meng-uninstall MSE dari komputer. Tetapi ternyata uninstall seperti biasa tidak berjalan lancar. Ketika mencoba melakukan uninstall melalui "Add and Remove Programs", awalnya muncul jendela uninstall, tetapi ketika di klik Next, lagi-lagi komputer "hang", sehingga harus tekan tombol restart kembali. Saya coba lagi, masih tetap "hang", termasuk dari safe mode juga tidak bisa.

Akhirnya kembali mencari solusi, menemukan paling tidak ada 3 cara yang bisa ditempuh, berikut detailnya :

Baca tulisan ini lebih lanjut