image

Garut - Kawula muda di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul tengah sibuk mempersiapkan kampungnya menjadi ASEAN Youth Center, menyusul kian terbukanya Panawuan masyarakat internasional.

Berbagai kegiatan di Kampung Panawuan dalam enam tahun terakhir kian menjadi pusat perhatian berbagai kalangan masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Hal itu ditandai dengan terpilihanya Panawuan menjadi tuan rumah International Youth Forum pada 2008 yang diikuti 250 pemuda pemudi dari 32 negara.

"Kami menilai pendirian ASEAN Youth Center ini sangat strategis, dan representatif. Sebab Panawuan semakin berpotensi menjadi wahana strategis diplomasi publik dan kenegaraan, dengan makin seringnya berbagai kegiatan kepemudaan dari berbagai negara yang digelar selama ini," kata Koordinator ASEAN Youth Center, Yusran Hanif, Jum'at (30/5/14).

Peluncuran ASEAN Youth Center rencananya digelar Ahad (1/6/2014) siang, dihadiri Kementerian pemuda dan Olahraga, Kedutaan Besar Negara-negara se-ASEAN, lembaga-lembaga negara, instansi pemerintah, dan swasta, unsur Badan Eksekutif Mahasiswa, Organisasi Siswa Intra Sekolah, dan organisasi kepemudaan Garut, dan masyarakat setempat.

Menurut Yusran, pendirian ASEAN Youth Center juga merupakan salah satu upaya dukungan dan fasilitasi pada komunitas pemuda, serta kelompok muda, sekaligus turut mempersiapkan generasi muda memasuki ASEAN Community 2015. Juga sebagai dukungan dan fasilitasi terhadap alumni Program Pertukaran Pemuda Antar Negara karena  memberikan perhatian serta keberpihakan atas isu-isu  kepemudaan, dan isu-isu ASEAN. [rni]

sumber