Ini Cara Membasmi dan Menangkal Postingan Otomatis Yang Tak Pantas Di Facebook

Para pengguna Facebook sering dikesalkan oleh status atau komentar tak senonoh yang banyak bertebaran di Facebook. Usut punya usut ternyata hal tersebut disebabkan oleh malware Vietnam Rose.

 

Malware tersebut menyebabkan sebuah akun Facebook memposting status atau komentar secara otomatis. Dan sialnya lagi, postingan otomatis tersebut adalah berupa link berbau dewasa dan tak pantas.

 

Yang sungguh memalukan adalah banyak pengguna Facebook di Indonesia yang menjadi korban sehingga akun Facebooknya tanpa ia ketahui selalu mengirimkan link yang tidak pantas untuk dibuka yang ternyata berisi malware.

 

Ciri-ciri dan tanda-tanda suatu akun Facebook yang sudah terinfeksi adalah memposting hal-hal seperti contoh berikut:

 

malware virus vietnam rose

 

Malware Vietnam Rose

Contoh postingan pada kolom komentar yang disebabkan oleh virus Vietnam Rose

 

Postingan tersebut membuat banyak orang jengah dan bahkan langsung memblokir akun Facebook temannya padahal temannya tidak tahu menahu dan tidak pernah memposting konten "begituan" di Facebook.

 

Virus Porno Vietnam Di Facebook

Keluhan salah satu korban yang sadar bahwa akunnya terinfeksi

 

Dalam beberapa kasus bahkan hal ini sempat pernah memicu pertengkaran.

 

Lalu bagaimana cara menghindari serangan malware ini agar tidak menginfeksi akun Facebook dan komputer Anda. Caranya mudah saja, jangan sekali-sekali mengklik link "jebakan batman" pada status tersebut dan jangan sekali-sekali memberikan komentar pada postingan yang mengandung link spam bervirus tersebut.

 

Lalu bagaimana cara memusnahkannya apabila sudah terlanjur terinfeksi? Caranya sangat mudah. Carilah menu pengaturan dengan mengeklik bilah menu kanan atas pada akun Facebook Anda.

 

Virus Malware Vietnam Rose

Kliklah menu pengaturan

 

Selanjutnya cari menu aplikasi di sebelah kiri.

 

Virus vietnam rose

Klik menu aplikasi

 

Pilih aplikasi yang dicurigai di Facebook Anda pada sebelah kanan. Disarankan agar menghapus semua aplikasi, khususnya yang bertema foto, video atau games dengan mengarahkan kursor mouse ke aplikasi-aplikasi tersebut.

 

Sudah rahasia umum bahwa aplikasi-aplikasi di Facebook amat rawan dari kode-kode berbahaya. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali bermain-main dengan aplikasi di Facebook walau tampaknya menarik bagi Anda.

 

Kini akun Facebook yang sudah terinfeksi sudah kembali bersih. Sebenarnya ada cara praktis lain yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan virus nakal asal Vietnam ini yaitu dengan menginstal software internet security yang terpercaya seperti Kaspersky yang dikenal sangat ampuh dan tangguh menghadapi "setan-setan" yang berkeliaran di internet ini.

 

Semoga informasi ini berguna dan bagikanlah kepada semua orang demi kebaikan mereka juga.

(istimewa)